Pages

Rabu, 13 Juli 2011

Asal Muasal Cocktail

Cocktail (atau Koktail dalam bahasa Indonesia) adalah minuman berbasis alcohol yang dicampur dengan gula, air dan bitter (minuman keras beraroma rempah). Kini istilah cocktail lebih merujuk pada semua minuman campuran yang mengandung alcohol yang ditambah perasa Liqueur, sari buah, madu, susu atau rempah-rempah. Lalu, tahukah anda asal muasal minuman ini?

Ada banyak cerita tentang asal muasal nama minuman ini, dimulai ketika Stanley Clisby Arthur dalam buku Famous New Orleans, menceritakan tentang Antoine Amedie Peychaud, seorang Perancis yang tinggal di New Orleans sejak tahun 1793. Peychaud berhasil meracik obat sakit perut yang merupakan campuran Brandy dan Bitter di sebuah cangkir telur. Dalam bahasa Perancis, cangkir telur disebut Coquetier, yang ternyata terdengar seperti Cocktail bagi orang Amerika. Dan itu dianggap sebagai salah satu cerita asal muasal Cocktail.

Menurut cerita lainnya, penemu Cocktail adalah seorang pramutama bar bernama Betsy Flanagan. Suatu ketika, dia menyajikan sebuah minuman dengan hiasan bulu ekor ayam jantan (Bahasa Inggris: Cock tail) kepada para serdadu Perancis. Dari sanalah istilah cocktail kemudian berasal.

Cerita lainnya yang disinyalir sebagai asal muasal minuman cocktail adalah ketika masa Revolusi Amerika. Dulu, ada sebuah kedai minuman yang ramai dikunjungi oleh para serdadu Amerika dan Perancis. Berbeda dengan para serdadu Amerika yang senang meminum Whiskey atau Gin, serdadu Perancis lebih suka meminum Vermouth atau anggur. Ketika malam sudah semakin larut, mereka biasanya mulai mencampur-campur minuman mereka dan menghiasnya dengan bulu ekor ayam jantan. Sambil bersulang mereka akan berteriak “Vive le Cocktail!” dan dari sinilah sebutan cocktail digunakan untuk menamai minuman campuran mereka. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.